4 Tips Memeriksa Payudara Sendiri

Memeriksa Payudara Sendiri

Klik Sehat – Pemeriksaan payudara sendiri adalah cara termudah untuk mendeteksi kelainan bentuk, ukuran dan tekstur payudara. Tes ini dapat membantu menilai kemungkinan kanker payudara dan penyakit lain sedini mungkin.

adalah cara termudah untuk mendeteksi kelainan bentuk, ukuran dan tekstur payudara. Tes ini dapat membantu menilai kemungkinan kanker payudara dan penyakit lain sedini mungkin.

Tidak seperti teknik mamografi yang melibatkan penggunaan peralatan canggih di rumah sakit, memeriksa payudara sendiri sedikit lebih sederhana, sehingga dapat dilakukan secara rutin di rumah. Lalu, kapan dan bagaimana Anda melakukan pemeriksaan payudara sendiri?

Kapan pemeriksaan payudara sendiri dilakukan?

Sebelum dan sesudah menstruasi, waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Bukan tanpa alasan, jika Anda melakukannya saat menstruasi, ukuran, bentuk dan kondisi payudara biasanya tidak normal karena pengaruh hormon.

Bentuk dan ukuran dada akan kembali normal setelah aturan selesai. Karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan BSE ketika Anda tidak memiliki menstruasi.

Tips pemeriksaan payudara sendiri

Tips pertama

Pastikan Anda telah melepas bagian atas pakaian, lalu berdiri di depan cermin dengan posisi tangan di sisi tubuh. Sekarang Anda siap untuk mulai memeriksa payudara Anda sendiri.

Tips kedua

Perhatikan dengan cermat dan perlahan poin-poin berikut:

  • Perubahan bentuk, ukuran dan posisi kedua payudara itu simetris atau tidak
  • Ada lekukan
  • Keadaan puting masuk atau keluar
  • Kerutan di dada
  • Ada ukuran yang tidak normal di payudara

Mulailah dengan mengangkat satu tangan di bagian payudara yang ingin Anda periksa, kemudian tangan lain bertanggung jawab untuk merasakan semua bagian payudara dan menilai beberapa tanda penting. Lakukan ini secara bergantian pada kedua payudara.

Tips ketiga

Selain berdiri, Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri sambil berbaring atau mandi. Arahkan dan periksa dengan lembut semua bagian payudara menggunakan jari-jari Anda (bukan ujung jari Anda).

Letakkan satu tangan di atas kepala Anda, lalu lakukan pemeriksaan dengan memijat dan memberi tekanan pada payudara menggunakan tangan lainnya.

Periksa puting susu dengan membuat gerakan melingkar, lalu gambar bagian atas payudara tepat di sebelah klavikula, lalu ke area sternum, di sisi dekat kapan.

Tips keempat

Akhirnya, tekan dengan lembut pada puting susu untuk memeriksa kebocoran cairan abnormal dari puting susu.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *