4 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

cara mengobati sakit gigi

Klik Sehat – Sakit gigi adalah penyakit yang hampir semua orang rasakan. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa sakit di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan bervariasi dari ringan hingga berat.

Kondisi ini dapat dirasakan terus menerus sepanjang hari atau dapat muncul dan kemudian menghilang berulang kali tanpa ketidakpastian. Rasa sakit yang dirasakan akan lebih besar ketika orang tersebut mengkonsumsi makanan atau minuman dan ketika berbaring di malam hari. Gejala lain yang mungkin dirasakan termasuk pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi, rasa dan bau busuk dari gigi yang terinfeksi, demam dan pusing.

Biasanya, penyebab utama sakit gigi pada anak-anak dan orang dewasa adalah kerusakan gigi. Gula dari makanan yang dikonsumsi adalah tempat kehidupan yang kondusif bagi perkembangan bakteri yang hidup di mulut. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan plak yang menempel pada permukaan gigi.

Nah, lempengan ini berkontribusi pada pembentukan lubang di gigi. Penyebab lain sakit gigi adalah: infeksi pada akar gigi atau gusi, penumpukan sisa-sisa makanan di gigi, retakan pada gigi atau akar, abses gigi atau erupsi gigi oleh gusi.

Jika Anda sakit gigi karena gigi berlubang, solusi terbaik adalah bergegas untuk perawatan. Namun, berikut adalah beberapa cara untuk mengobati sakit gigi yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama.

1. Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu resep tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Daun sirih telah terbukti efektif dalam mengobati sakit gigi. Daun sirih bermanfaat sebagai penambah gigi, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan di gusi dan juga berfungsi sebagai antiseptik alami. Kegunaannya adalah mengunyah daun sirih atau merebusnya, lalu airnya digunakan sebagai obat kumur.

2. Garam

Sodium dalam garam dapat membasmi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Garam menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. Caranya adalah mencampurkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Campur sampai larut, lalu gunakan sebagai obat kumur. Jangan lupa menyikat gigi sebelum menggunakan solusi ini.

3. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu solusi alami untuk sakit gigi. Karena bawang mengandung sifat antimikroba dan antiseptik yang dapat mengendalikan rasa sakit dengan menghilangkan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi gigi.

Caranya adalah mengunyah bawang selama beberapa menit di sisi mulut, yang sangat menyakitkan. Jika Anda tidak bisa mengunyahnya, Anda dapat memotong bawang menjadi potongan-potongan kecil dan menempatkan irisan di daerah yang terkena.

4. Cuka

Seperti halnya bawang merah, cuka juga mengandung sifat antimikroba dan antibakteri yang kuat untuk meredakan sakit gigi. Anda bisa berkumur selama 30 detik. Jika Anda tidak kuat dengan rasa asam dalam cuka, Anda bisa menggunakan kapas dan menempelkan kapas ke bagian gigi yang sakit. Setelah itu, gosok gigi seperti biasa.

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *