5 Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil muda
Makanan sehat untuk ibu hamil muda

Klik Sehat – Makanan sehat ibu hamil sangat penting untuk pertumbuhan janin dan juga kesehatan tubuh sang ibu. Jadi nutrisi untuk ibu hamil harus sangat di perhatikan.

Kali ini Klik Sehat akan memberikan 5 Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, langsung saja.

1. Sayuran

Sayuran

Yang pertama adalah sayuran, sayuran seperti tomat, wortel, jagung, dan terong dapat memenuhi nutrisi ibu hamil. Terlebih sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli yang kaya vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium dan anti oksidan. Sehingga sayuran dapat bermanfaat bagi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh sang ibu.

Sayuran juga bisa diolah dengan berbagai cara seperti ditumis, dikukus, direbus, digoreng atau langsung diolah menjadi salad. Namun, sebelum diolah dan dikonsumsi Anda harus mencuci dan memastikan sayuran bersis dan terhirdar dari pestisida.

2. Buah-buahan

Buah-buahan

Buah-buahan sangat bermanfaat bagi Ibu hamil dan janinnya, seperti alpukat, delima, stroberi, jambu, pisang dan apel. Sebab, Buah mengandung berbagai vitamin, mineral dan anti oksidan yang dapat memenuhin nutrisi ibu hamil.

Selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi buah jeruk yang kaya akan vitamin C dan asam folat dengan cara dijus atau dimakan langsung. Vitamin C pada jeruk berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan janin. Sedangkan kandungan asam folat berguna untuk mengurangi resiko cacat pada bayi ketika dilahirkan.

3. Daging dan Telur

Daging dan Telur

Pilihlah daging yang segar dan bermutu baik untuk dikonsumsi. Batasi makan daging tetelan atau jeroan (paru, usus, babat) karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Untuk telur, pilihlah yang sudah difortifikasi omega 3.

4. Susu

Susu
Susu

Susu mengandung aneka vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk ibu dan juga janinya

Beberapa vitamin yang terkandung dalam susu antara lain Vitamin B, magnesium, dan zat besi, sehingga tulang bayi dan ibu tetap terjaga dan kuat.

5. Minum Air Putih

Air Putih
Air Putih

Air merupakan salah satu hal yang harus banyak dikonsusmi selama hamil. Pasalnya, volume darah ibu hamil akan meningkat hingga 1,5 liter. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik.

Gejala dehidrasi ringan pada ibu hamil meliputi sakit kepala, gelisah, kelelahan, suasana hati jadi kacau, dan jadicepat lupa. Minum air putih yang cukup penting, karena volume darah meningkat selama kehamilan. Minum air putih yang cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih selama hamil.

Baca juga:

Itulah 5 Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang hamil. dan juga selamat atas kehamilannya, hehe..

Bagikan artikel ini:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*