Ciri-ciri Diabetes dan Cara Mengobatinya

Klik Sehat – Apasih Diabetes itu ?

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Apa saja ciri-ciri Diabetes:

1. Sering Buang Air

Sering atau selalu ingin buang air kecil bisa jadi ciri-ciri diabetes. Apalagi kalau Anda sering sampai terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Ini terjadi karena ginjal Anda berusaha untuk membuang kelebihan gula darah (glukosa) dari tubuh. Jadi, hati-hati kalau Anda buang air kecil lebih dari tujuh kali sehari.

2. Mudah Lapar

Didalam tubuh, makanan diubah menjadi glukosa. Glukosa akan digunakan sebagai sumber energi bagi setiap sel, jaringan, dan organ tubuh Anda. Nah, hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini.
Kalau tubuh Anda gagal memproduksi insulin atau tidak merespon hormon insulin dengan baik, kebutuhan energi Anda pun tidak akan terpenuhi meskipun Anda sudah makan. Akibatnya, Anda merasa lapar lagi karena tubuh Anda merasa belum mendapatkan sumber glukosa.

3. Mudah Haus

Karena jadi lebih sering buang air kecil, biasanya orang dengan diabetes mudah haus meskipun sudah cukup minum.
Tubuh Anda jadi membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang lewat urin.

4. Berat Badan Turun

Makan teratur tapi kok berat badan jadi turun ?
Bisa jadi itu ciri-ciri diabetes. Ini bisa terjadi karena ginjal membuang banyak kalori dari kadar gula yang sudah berlebihan dalam tubuh.
Selain itu, karena hormon insulin tidak bekerja dengan baik, tubuh pun mulai mengambil sumber energi lain, misalnya dari protein.

5. Luka Yang Lama Sembuhnya

Infeksi, bekas jatuh, memar, atau luka pada kulit yang tidak mudah sembuh bisa jadi salah satu gejala diabetes. Masalahnya, pembuluh darah Anda bisa rusak karena tingginya kadar gula dalam darah. Pembuluh darah bertugas untuk mengangkut darah. Darah sendiri dibutuhkan guna menyembuhkan luka di kulit.

Cara Mengobati Diabetes yang dapat Anda lakukan ialah:

1. Jus Mengkudu
Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes alami. Mengkudu bisa kamu konsumsi dalam bentuk jus. Jangan kaget dengan rasanya tidak enak, namun sangat bermanfaatnya untuk menyembuhkan diabetes.

2. Akupuntur
Akupuntur adalah pengobatan pengobatan tradisional yang sering lakukan di Negara China. Perawatan dilakukan dengan menusuk jarum kecil ke bagian titik tertentu untuk mengurangi rasa sakit pada pengidap penyakin diabetes. Akupuntur dilakukan untuk mengatasi keluhan syaraf yang sering terjadi pada pengidap penyakin diabetes. Efek dari pengobatan ini adalah untuk mengatasi kadar gula darah yang terlalu tinggi pada tubuh kita.

3. Puasa
Menjelang bulan Ramadan, puasa bagi pengidap diabetes yang beragama Islam mungkin dikhawatirkan tidak bisa menjalankan dengan maksimal. Namun pada kenyataannya, puasa justru dapat membantu menyembuhkan diabetes lho!

Inilah beberapa manfaat puasa untuk diabetes:

  • Menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah.
  • Mengurangi resiko peningkatan kadar kolesterol serta terkontrolnya retensi insulin.
  • Menurunkan tekanan darah dan trigliserida.
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang penyakit.

Berikut adalah Ciri-ciri Diabetes dan Cara Mengobatinya, semoga artikel ini dapat membantu anda (pengida penyakit Diabetes) untuk melawan Diabetes.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *